kegunaan besi siku
7 Kegunaan Besi Siku
7 Kegunaan Besi Siku
March 4, 2021
Dari sekian banyak alat konstruksi, besi siku merupakan material yang sangat dikenal. Besi siku terdiri dari material logam yang berbentuk dua garis tegak lurus atau siku dengan sudut 90 derajat atau menyerupai segitiga siku-siku namun satu sisinya tidak ditutup. Khusus untuk industri bahan bangunan, besi siku diproduksi dengan panjang yang sama, yakni 6 meter.

Nah, buat kamu yang ingin mengenal besi siku lebih dalam, kami akan membagikan ulasan terkait sederet fungsi besi siku untuk konstruksi elemen-elemen dalam rumah tangga. 

Untuk Rak Besi

Sering melihat rak besi yang biasanya digunakan di lingkungan pertokoan ataupun perkantoran? Rak besi tersebut dikontruksi menggunakan besi siku yang dikenal kuat dan kukuh sehingga dapat menopang benda berat. Kamu pun dapat menaruh lebih banyak barang pada rak besi tanpa takut ambruk.

Menopang Rak Gantung

Selain rak besi seperti contoh di atas, besi siku juga bisa kamu manfaatkan saat pemasangan rak gantung. Besi siku dapat menopang beban seperti kayu solid sehingga tidak mudah terjatuh dan ideal digunakan sebagai tempat untuk memajang aneka dekorasi rumah untuk mempercantik hunianmu.

Struktur Menara Tangki Air

Hampir setiap hunian memerlukan tangki air untuk menyimpan pasokan air rumah tangga. Seperti yang kita ketahui, tangki air memiliki bobot yang sangat berat. Namun, pembuatan menara untuk tangki air ini melibatkan besi siku yang kukuh sehingga tangki air dapat berdiri secara stabil meskipun diletakkan jauh di atas tanah.

Sebagai Kerangka Pintu

Ingin memasang pintu rumah yang kukuh? Salah satu pilihan terbaik adalah dengan memasang pintu dengan kerangka yang terbuat dari susunan besi siku. Dipercaya memiliki durabilitas yang baik, kerangka pintu dari besi siku ini pun cocok digunakan untuk menopang daun pintu berbahan besi, kayu maupun kaca.

Untuk Teralis Jendela

Selain difungsikan sebagai rangka pintu, besi siku juga bisa kamu manfaatkan sebagai teralis jendela di hunian. Teralis dari besi siku tentu akan menambah detail unik pada desain hunian rumah, dan juga mencegah maling yang hendak menjarah rumahmu.

Sebagai Pagar Hunian

Selain besi tempa atau besi cor, besi siku juga kerap dimanfaatkan sebagai material pembuatan pagar rumah. Dengan harga yang ekonomis, kamu bisa membuat pagar rumah dengan kekuatan yang sangat baik, serta cocok digunakan pada hunian berkonsep minimalis atau ala Eropa seperti pada inspirasi di atas. Sementara itu, kamu juga bisa menyesuaikan pemilihan model besi siku polos atau berlubang dengan keinginanmu.

Untuk Konstruksi Tangga

Pada umumnya, tangga memiliki sudut siku-siku pada anak tangganya. Dalam pembuatannya, tangga harus dirancang secara kukuh agar dapat menjadi akses penghuni rumah dari satu lantai ke lantai lainnya secara aman. Di sini, peran besi siku dibutuhkan karena bisa difungsikan sebagai konstruksi tangga yang kekuatannya sangat prima, cukup untuk menopang berat badanmu saat naik turun tangga.
Related Articles