bondek
Cara Melakukan Pemasangan Bondek
Cara Melakukan Pemasangan Bondek
February 22, 2018

Bondek adalah sebuah plat besi yang biasa digunakan sebagai pengganti papan untuk membungkus material coran dan menahan tekanan beton ketika akan membuat bangunan bertingkat. Banyak orang menggunakan bondek karena dianggap lebih praktis dan membuat proses pengecoran lebih cepat. Meski dikerjakan lebih cepat dari metode lainnya, bukan berarti kualitas bangunan yang menggunakan bondek menjadi buruk.

Sebaliknya, justru bondek dapat membuat bangunan bertingkat lebih kokoh. Penggunaan bondek juga dapat membuat pengerjaan konstruksi bangunan lebih efisien karena menghilangkan tiang penyangga. Selain itu cara memasang bondek juga tidak sulit. Melansir , berikut adalah Sebelum mulai merenovasi rumah, simak uraian lengkap mengenai cara pasang bondek yang benar

1. Balok Penyangga

Cara pasang bondek yang pertama adalah kamu harus memasang balok penyangga. Semua balok penyangga ini harus dicor agar kuat ketika direkatkan dengan lantai rumah.

2. Pasang Kawat Penyangga atau Stek

Setelah balok penyangga dicor, pasanglah beberapa kawat di tepi balok penyangga. Pastikanlah jarak antarkawat penyangga sekira 1,5 meter. Kawat besi tersebut berfungsi untuk mengikat wiremest atau tulang besi penyangga lantai. Usahakanlah posisi kawat-kawat tersebut rata, sehingga tepi bondek pun rata saat dipasang.

3. Cara Pasang Bondek

Setelah, semua siap, pasanglah bondek di bagian atas rumah. Bondek ini akan berfungsi sebagai penyangga lantai di tingkat atas rumah. Dalam pemasangannya, jangan sampai terbalik antara bagian atas dan bagian bawah bondek. Bagian atas bondek memiliki ciri terdapat benjolan halus. Kemudian, pastikan jarak antara tepi bondek dengan tepi balok sekira 2,5 cm.

4. Tutup bagian Berlubang di Tengah

Di bagian tengah bondek, pasti ada bagian berlubang yang berfungsi sebagai penyangga kolom lantai atas rumah. Sebelum memasang tulang penyangga di atas bondek, pastikan setiap lubang ditutup menggunakan semen.

5. Tutup Lubang di Bagian Samping Bondek

Selain itu, di bagian tepi bondek juga akan ada bagian yang berlubang. Nah, lubang itu itu juga harus kamu tutupi menggunakan semen. 

6. Mengunci Bondek Menggunakan Paku

Cara pasang bondek selanjutnya adalah mengunci bondek menggunakan paku. Jika kalian perhatikan, di beberapa bagian bondek, terdapat lubang kecil. Lubang tersebut harus kalian tutup menggunakan paku. Fungsinya pemakuan ini adalah untuk menambah kekuatan bondek saat dicor.

7. Rapikan Bagian Bawah Bondek

Sebelum ke pemasangn tulang besi di atas bondek, perhatikanlah kondisi dinding rumah di bagian bawah bondek. Rapikanlah semen-semen yang tercecer sisa pengecoran.

8. Cara Pasang Bondek dengan Stek

Langkah selanjutnya adalah memasang besi wiremesh atau tulang besi di atas bondek sebagai penyangga lantai di tingkat atas rumah. Setelah tulang besi dipasang, kaitkanlah stek atau kawat besi yang sudah tertanam di balok penyangga dengan tulang besi. Pengaitan stek dengan tulang besi ini bertujuan memperkuat ikatan antara balok dengan lantai.

9. Cara Pasang Bekisting di Tepi Bondek

Langkah selanjutnya adalah pemasangan bekisting. Pemasangannya cukup sederhana, yaitu dengan menempelkan papan pada bagian tepi balok penyangga menggunakan paku. Untuk memperkuat bekisting, kamu bisa mengaitkan paku yang ditancapkan di bagian luar papan dengan besi wiremesh.

10. Pengecoran

Setelah semuanya sudah siap, langkah terakhir adalah pengecoran. Corlah bagian atas bondek secara rapi sebelum memasang lantai di tingkat atas rumah.


Related Articles