bondek
Cara Melakukan Pemasangan Bondek
Cara Melakukan Pemasangan Bondek
February 22, 2018

Bondek merupakan nama brand atau generiknya adalah floordeck. Pemasangannya tidak sulit yaitu saat dibuat bekisting balok sekalian digelar bondeknya overlapping antar bondek, langsung klip tidak menggunakan baut atau pun las. Untuk hubungannya dengan balok dengan menggunakan shear connector yg dilas ke tulangan balok (bila balok dr beton atau kw wf bila balok er baja).

Jika tidak mau membeli shear connector cukup pakai besi beton, potong kira-kira 15cm, las ke bondek dan ke besi balok. Pengecorannya bersamaan dengan balok, kemudahan bondek ialah tidak perlu memakai perancah atau scafolding dibawahnya, dan tidak perlu dibuka lagi, tulangannya pun hanya selapis karena profil bondek juga sebagai tulangan positif, lebar efektif bondek yang ada sekarang adalah 1m tapi tipe lama ada juga yg 760mm, tebal 0,7mm minimal, berbahan galvanis dan panjang sesuai kebutuhan. Bisa hingga 12m tapi untuk memudahkan membawanya lebih baik kurang dari 8m, andai kepanjangan bisa cutting list sesuai kebutuhan.




Cara Melakukan Pemasangan Bondek


Dibagian tepi digunakan Shear Stud, antar Bondeknya tidak dilas, hanya Overlap, bondex bisa diorder sampai panjang 8m (untuk mengurangi sambungan), ini cocok untuk rangka baja dimana material bondex berada di atas profil bajanya (tapi tetap saja bentang antar profil umumnya 4m)

Jika untuk struktur beton, bondexnya tinggal di sandarkan diatas tembereng/bekesting dinding balok, balok dan pelat yang menggunakan bondeknya itu dibuat monolit, jadi bukan sekedar hanya menumpu di atas balokan. Bondek dengan struktur penopang kayu menurut saya bisa saja, tapi harus dengan jarak yang lebih rapat, sehingga percuma memakai bondek karena keuntungan bondek ialah lebih banyak memberikan ruang bebas dibawahnya dan tidak perlu mencabut bekisting. Bila dengan stuktur kayu saya rasa lebih tepat menggunakan grc 15mm untuk lantainya.
    
Kesalahan yang umum dijumpai ialah shear connector nya terlalu jarang atau lupa dipasang sehingga menyusul dengan cara di bor dan ditancapkan. Metode pengeboran untuk menancapkan shear connector ini sudah benar, namun karena di daerah sambungan ini terjadi tegangan, maka pemasangan shear connector lebih baik menggunakan chemical set (Lem khusus), seperti Hilti, Ramset, Fischer. Agar tidak terjadi retak pada permukaan atas plat betonnya.

 

Related Articles