besi hollow
Jenis Besi Hollow & Ukuran Besi Hollow
Jenis Besi Hollow & Ukuran Besi Hollow
April 11, 2018
Apa itu besi hollow?. Besi hollow merupakan besi yang berbentuk kotak (persegi maupun persegi panjang) dengan tebal dan panjang yang bervariasi. Besi hollow menjadi besi yang cukup populer pada saat ini karena fungsinya yang cukup banyak dan beragam. Mulai dari kanopi, pintu pagar, pagar, pintu besi, railing, teralis minimalis modern, bahkan pemasangan gypsum dan GRC board menggunakan besi hollow sebagai salah satu komponen utamanya.
Besi hollow sangatlah cocok diaplikasikan berdampingan dengan style minimalis. Bentuknya yang lurus dan kotak, sangat mencerminkan keminimalisan sebuah besi hollow.

Berikut adalah beberapa jenis besi hollow yang perlu Anda ketahui:


Sama seperti beberapa produk lainnya, besi ini juga memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan penggunaannya. Terdapat sekitar 4 jenis yang kerap kali sering muncul dan digunakan oleh para pekerja konstruksi, yakni:

1. Hollow Galvanise.
Jenis besi hollow Galvanise di dalamnya terdapat lapisan finishing yang mengandung zing coating 97% . Tak hanya zing coating, jenis ini memiliki kadar aluminium serta beberapa zat-zat lainnya yang jika di total ada sekitar 3%. Jenis ini biasanya banyak digunakan untuk pembuatan pagar, kanopi, dan beberapa hasil bangunan lainnya.
 
Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik maka sebelum menggunakan jenis hollow satu ini terlebih dahulu lapisi dengan zat coating agar nantinya tidak mudah berkarat.

2. Hollow Galvalume.
Jenis besi hollow Galvalume emiliki lapisan aluminium yang lebih besar dibandingkan jenis galvanise. Terdapat sekitar 55% kandungan aluminium, yang ditambah dengan kandungan unsur besi sebanyak 43.5%. Untuk lapisan sebesar 1.5% diisi oleh silicon agar besi ini tidak mudah berkarat jika terkena air biasa maupun air hujan. Kelebihan yang dimiliki hollow jenis galvalume ini memiliki ketebalan yang bermacam-macam bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

3. Hollow Hitam.
Jenis Besi Hollow hitam adalah salah satu jenis besi yang ukuran panjangnya sudah di standarisasi, karena memang penggunaannya biasanya cocok digunakan untuk pembuatan pagar. Berbahan dasar baja hitam membuat besi ini memiliki tekstur yang sangat tebal dan kuat saat digunakan.

4. Hollow Gypsum.
Menjadi salah satu jenis yang cukup banyak digunakan, hollow gypsum memang memiliki bahan yang lebih tahan lama serta yang paling terhindar dari serangan rayap. Biasanya hollow jenis ini sebagian besar digunakan untuk membuat plafon untuk rangka rumah maupun bangunan-bangunan seperti gedung. Produk besi hollow yang dikeluarkan setiap pabrik akan berbeda-beda kualitasnya, oleh karena itu harganya pun juga akan berbeda-beda. Semakin bagus kualitasnya, harga pasti akan semakin mahal pula. Meskipun demikian, besi hollow tetap mempunyai standard ukuran.


Berikut dimensi / ukuran besi hollow yang perlu Anda ketahui:

No.p(mm)l(mm)
11636
22020
33030
43636
54060
64575
76060
850100

Panjang dari besi hollow sendiri berukuran 6 meter. Dari semua dimensi di atas, besi hollow juga mempunyai ketebalan yang berbeda-beda, yaitu dimulai dari 0.6 mm, 0.7 mm, 0.8 mm, 0.9 mm, 1.0 mm, 1.2 mm, 1.3 mm, 1.4 mm, sampai dengan 1.7 mm.


Contoh Ukuran Besi Hollow Yang Sering Digunakan

Besi hollow memiliki ukuran yang bervariasi, sehingga Anda bebas menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah contoh ukuran besi hollow yang digunakan sebagai furniture industrial, railing, dan rangka plafon.

1. Ukuran Besi Hollow Sebagai Furnitur Industrial

Tidak hanya rumah minimalis yang dapat menggunakan material ini. Besi hollow dapat berfungsi juga sebagai furnitur yang memiliki gaya industrial dan dapat Anda buat untuk meja dan partisi ruangan. Biasanya, ukuran besi hollow yang digunakan cukup besar, yaitu 36×36 milimeter, karena akan menahan beban yang cukup besar.

2. Ukuran Besi Hollow Sebagai Railing

Sebagai bahan untuk membuat railing pagar, ukuran besi hollow yang digunakan adalah 40×40 atau 50×100 dengan ketebalan 1,6 milimeter dan jari-jari berukuran 20×40 dengan ketebalan 1,2 milimeter.

Ketika digunakan sebagai railing tangga, ukuran besi hollow yang digunakan adalah 30×60 dengan ketebalan 1,2 milimeter dan jari-jari berukuran 20×60 dengan ketebalan 1,2 milimeter.

3. Ukuran Besi Hollow Sebagai Rangka Plafon

Sebagai rangka plafon, ukuran besi hollow yang digunakan adalah 40×40. Pemasangan plafon gypsum ke rangka plafon besi hollow pun mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu menyekrupnya supaya gabungan material tersebut dapat menyatu dengan baik.
Related Articles