pallet mesh
Kegunaan Pallet Mesh
Kegunaan Pallet Mesh
July 5, 2018

Bisnis atau industri yang memiliki sistem tata kelola pergudangan yang baik tentunya akan memperhatikan setiap detail penanganan terhadap suatu kondisi yang akan datang, termasuk terhadap proses handling. Gudang merupakan tempat menyimpan barang selama proses produksi. Ada gudang untuk tempat menyimpan barang mentah, barang setengah jadi dan barang jadi. Masing-masing gudang memiliki karakteristik sendiri tergantung jenis barang yang disimpan.

Pallet Mesh menyediakan pallet mesh sesuai dengan keinginan pelanggan, terutama untuk area pergudangan. Manajemen gudang atau warehouse memiliki beberapa aktivitas untuk menunjang operasionalnya, yaitu:

  1. Kegiatan Administrasi

Aktivitas ini merupakan pencatatan barang masuk dan barang keluar. Karena gudang berhubungan dengan stok barang, maka pencatatan yang disiplin harus dilaksanakan. Setiap barang yang ada dalam gudang merupakan aset perusahaan. Jangan sampai ada kehilangan / loss karena pencatatan yang tidak disiplin.

Beberapa perusahaan yang menerapkan manajemen warehouse yang terpadu, memakai sistem barcode terhadap produk yang masuk dan produk yang keluar. Semua barang yang ada di dalam suatu area memiliki identitas berupa barcode yang mana di dalam barcode bisa ditracking di dalam sistem/ database. Proses opname juga harus dilakukan terhadap suatu produk dalam periode tertentu. Hal ini untuk memastikan bahwa sistem yang dijalankan bisa dipercaya 100%.

  1. Penyimpanan barang

Barang yang khusus penyimpanannya harus ditangani dalam suatu wadah atau mesin, seperti daging yang harus berada di area dingin, atau bahan kimia yang tidak boleh dicampur penempatannya dengan bahan makanan. Teknik penyimpanan ini penting agar barang terhindar dari kontaminasi dan kerusakan.

Untuk bisa melakukan penyimpanan barang yang baik, perlu alat angkut atau transfer barang. Pallet mest ini berbahan besi yang ringan dan didesain khusus untuk mengangkut barang. Bentuk pallet mesh seperti menyerupai trolley yang biasanya dipakai di supermarket. Pallet mesh bahkan bisa disusun hingga 4 susun/stack. Kapasitas muatan yang bisa ditampung oleh pallet mesh berkisar 500 kg – 1500 kg. Pallet mesh atau disebut juga keranjang lipat besi sangat efektif dipakai di gudang, karena tidak memerlukan tempat penyimpanan yang banyak.

  1. Packing dan Pengeluaran Barang

Proses pengepakan ini penting agar barang yang dikeluarkan dari gudang terjaga mutu dan tidak rusak. Jika area yang dilayani gudang merupakan proses dalam perusahaan tersebut, maka packaging atau pengemasan tidak terlalu berperan penting. pengemasan ini penting jika barang yang keluar dari gudang meruakan barang jadi yang sudah siap jual.

Handling saat mengeluarkan barang ke truk atau kontainer sangat penting untuk diperhatikan agar tidak terjadi kerusakan pada barang. Anda bisa terkena klaim dari pelanggan atas kerusakan yang terjadi. Pelanggan pastinya ingin barang yang diterimanya 100% baik dan tidak cacat.

Related Articles