kurangi-impor-pemerintah-pacu-utilisasi-industri-baja-nasional-tRz
Kurangi Impor, Pemerintah Pacu Utilisasi Industri Baja Nasional
Kurangi Impor, Pemerintah Pacu Utilisasi Industri Baja Nasional
February 12, 2020

JAKARTA - Pemerintah terus berupaya untuk membina dan membangun industri baja nasional, baik itu yang berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta.

Berbagai langkah strategis disiapkan agar industri baja di Tanah Air bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dan berdaya saing hingga kancah global.

"Salah satu pekerjaan rumah yang perlu segera diselesaikan saat ini adalah menekan impor dan fokus terhadap peningkatan utilisasi industri-industri baja nasional agar bisa menyuplai kebutuhan bahan baku bagi sektor hilir di dalam negeri," ujar Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita di Kantor Kementerian Perindustrian (Kemenperin), Jakarta, Rabu (12/2/2020).



Agus menegaskan, guna mendongkrak utilisasi tersebut, pihaknya terus mendorong industri baja nasional supaya menerapkan teknologi modern dalam proses produksinya. Hal ini guna menghasilkan produk berkualitas secara lebih efisien, sehingga akan mampu kompetitif dari sisi harga dengan produk luar negeri.

"Indonesia punya potensi bahan baku yang cukup besar, seperti cadangan pasir besi di Pulau Jawa yang masih perlu diolah lagi untuk meningkatkan nilai tambahnya. Hal ini tentunya butuh teknologi yang update untuk bisa menghasilkan produksi lebih maksimal," paparnya.

Untuk mengurangi banjirnya produk baja dan besi yang berasal dari impor, pemerintah siap memberikan perlindungan bagi industri di dalam negeri.

Kebijakan itu misalnya melalui pengenaan bea masuk anti dumping (BMAD), safeguard, dan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) wajib produk baja.

"Dari data statistik yang kami miliki, sebetulnya industri baja nasional itu bisa menyuplai sampai 70% dari kebutuhan dalam negeri kalau bisa ditingkatkan kapasitasnya. Sedangkan, sisanya 30% memang belum ada industrinya di dalam negeri," ungkapnya.

Agus menyampaikan, kebijakan untuk menekan impor baja ini diyakini dapat mengoptimalkan kapasitas produksi industri di dalam negeri. "Artinya, pasokan dalam negeri tetap dalam porsi yang maksimal," tandasnya.


https://ekbis.sindonews.com/read/1525051/34/kurangi-impor-pemerintah-pacu-utilisasi-industri-baja-nasional-1581517385

Related Articles