transformasi-perusahaan-harus-diikuti-peningkatan-kualitas-sdm-let
Transformasi Perusahaan Harus Diikuti Peningkatan Kualitas SDM
Transformasi Perusahaan Harus Diikuti Peningkatan Kualitas SDM
July 27, 2020

 

JAKARTA - Transformasi perusahaan harus dibarengi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Termasuk di antaranya, transformasi yang dilakukan produsen baja nasional PT Gunung Raja Paksi Tbk.

“Dari literatur ekonomi, SDM sangat penting bagi kelanjutan perusahaan. Kualitas SDM akan meningkatkan produktivitas perusahaan. Terlebih jika perusahaan baja misalnya, sudah bertransformasi, maka peningkatan kualitas SDM menjadi keharusan. Dan ketika produktivitas bagus, maka masyarakat akan melihat bahwa saham perusahaan tersebut di lantai bursa sangat potensial,” jelas peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Nailul Huda di Jakarta, Senin (27/7/2020).

Peningkatan kualitas SDM harus dilakukan, jelas Huda, karena perusahaan yang bertransformasi tentu juga melakukan perubahan terhadap berbagai sistem dan teknologi. Tanpa peningkatan kualitas skill dan kompetensi, tentu SDM tidak bisa mengimbangi penerapan sistem dan teknologi terbaru.

“Peningkatan kualitas SDM tersebut bisa dilakukan perusahaan dengan berbagai cara. Termasuk di antaranya melalui pendidikan, pelatihan, bahkan budaya kerja. Terlebih menghadapi era revolusi industri 4.0, ketika SDM harus memiliki kemampuan terhadap teknologi,” lanjutnya.

Terkait transformasi yang dilakukan PT Gunung Raja Paksi Tbk, Huda juga menyebut bahwa penerapan budaya kerja transparansi, akuntabilitas, dan profesional, juga harus mendapat dukungan SDM. “Sebagai contoh, nilai akuntabilitas perusahaan tentu tumbuh juga dari SDM-nya. Jadi, SDM juga menentukan strategi perusahaan ke depannya,” kata dia.

Seorang karyawan PT GRP Tbk juga menyebut pentingnya peningkatkan kualitas SDM. Harianto, Manajer Treasury PT GRP menyatakan, bahwa peningkatan kualitas SDM merupakan keniscayaan, karena perusahaan saat ini sedang melakukan berbagai perubahan, termasuk sistem.


https://ekbis.sindonews.com/read/115156/34/transformasi-perusahaan-harus-diikuti-peningkatan-kualitas-sdm-1595866039



Related Articles