fungsi besi beton polos
Fungsi Besi Beton Polos
Fungsi Besi Beton Polos
December 17, 2020

Pada dasarnya besi beton adalah besi yang kuat, dan biasanya digunakan dalam kontriuksi sebuah bangunan. Besi beton ini biasanya dignakan sebagai rangka atau tulangan, dimana fungsinya untuk menahan pondasi beton ketika membuat bangunan tertentu.


Macam-macam besi beton

Besi beton sendiri saat ini terdiri atas 2 macam, ada yang bentuknya polos dan ada juga yang bentuknya ulir. Yang dimaksud dengan besi beton polos adalah besi beton yang desainnya polos atau tidak ada aksesoris tertentu. Besi seperti ini biasanya digunakan untuk memuat tulangan atau rangka besai untuk membuat bangunan tertentu. Ukuran besi beton polos sangat beragam ada ukurannya kecil dan ada juga yang kurannya besar. Besi beton polos ini dapat dibentuk menjadi berbagai macam yang terntunya dapat disesuaikan.

Sedangkan besi beton ulir adalah besi beton dengan ukir atau ukiran di sepanjang batang besi dengan teknik memanjang. Besi seperti ini biasanya digunakan untuk rangka bangunan, fungsinya tidak jauh berbeda dengan besi beton polos.


Fungsi besi beton polos

Saat ini penggunaan besi beton ini sudah sanagt luas, hampir semua bangunan menggunakan besi beton polos. Mulai dari rumah sederhana sampai bangunan bertinggkat menggunakan besi beton polos, yang membedakan hanyalah ukuran dan fungsinya saja. Untuk membuat rumah sederhana, mas bro dapat menggunakan besi beton polos dengan ukuran yang lebih kecil. Selain dapat menopang seluruh rumah juga harganya tidak terlalu mahal. Sedangkan untuk bangunan bertingkat sebaiknya menggunakan besi beton polos yang ukurannya lebih besar, karena dapat membuang bangunan menjadi semakin kokoh. Untuk masalah harga, sebaiknya pastikan harganya standar. Tidak masalah mencari harga yang murah asal jangan murahan. Karena ini ada hubungannya dengan kualitas bangunan yang akan dihasilkan. 

Besi beton polos lebih sering digunakan untuk pembangunan gedung, dikarenakan bahannya yang mudah didapatkan dan harganya yang sangat ekonomis. Bila dibandingkan dengan material bangunan lainnya harganya sangat beda jauh, meskipun begitu ia tetap memberikan performa dan kualitas yang sangat bagus dan terjamin. 

Material besi beton banyak digunakan untuk konstruksi skala kecil hingga besar. Seperti jembatan, bangunan hunian, jalanan, bendungan, terowongan, viaduct, drainase, tangki, irigasi, atau dinding penahan tanah serta masih banyak kegunaan lainnya.

Related Articles