Harga Besi Beton Polos 10mm
Harga Besi Beton Polos 10mm
Harga Besi Beton Polos 10mm
May 12, 2021
Harga Besi Beton Polos 10mm Lengkap Terbaru Tahun 2023 - Besi beton ialah rangka besi yang diaplikasikan untuk memperkuat struktur beton pada bangunan. Besi beton umum juga disebut concrete steel atau rebar dalam bahasa Inggris ini menambah energi lentur pada beton, sehingga bendung kepada muatan statis ataupun bobot dinamis. Tanpa besi beton, karenanya beton bangunan akan lebih gampang retak dikala dampak guncangan-guncangan kecil ketika kendaraan melintasinya atau lebih gampang patah ketika terjadi gempa bumi.Besi yakni salah satu keperluan yang mendasar dalam cara kerja konstruksi bangunan. Beton bertulang yakni besi beton yang awam diaplikasikan dalam membikin penulangan konstruksi beton. Pada lazimnya besi beton bertulang ada dua tipe dan dua wujud adalah besi polos dan besi ulir.

Keunggulan Besi Beton:

Menolong memberikan pondasi kepada suatu bangunan supaya kian kuat dan tegak pantas konstruksi.
Bisa bertahan dalam suhu tinggi, sehingga sesuai untuk bangunan bertingkat (high rised building).Sesudah menjadi bangunan, tarif perawatannya cukup rendah, sehingga efisiensi yang didapatkan cukup tinggi.
Mempunyai energi struktur yang tinggi, sehingga sesudah selesai dibangun, betul-betul susah untuk dihancurkan kembali.

Variasi-Tipe Besi Beton

Besi Beton Polos (plain rebar). Besi beton ini memilliki permukaan yang mulus dan licin. Penampangnyapun berbentuk bundar mulus. Besi betonpolos kurang memiliki kekuatan ikat dengan coran beton. Besi beton polos lebih gampang ditemukan di warung besi ataupun di warung bangunan dan dipasarkan secara eceran. Besi beton polos sifatnya lentur dan gampang dibengkokkan serta mempunyai ketahanan tekan minimal 240 Mpa. Harga besi beton polos ini lebih murah diperbandingkan besi beton ulir. Untuk besi beton yang polos umumnya diterapkan untuk membungkus dan mengikat sebagian batang besi beton ulir dalam satu konstruksi beton.Besi Beton Ulir (deformed rebar).

Besi beton ulir ini memiliki tonjolan-tonjolan seperti sirip di sepanjang permukaannya besi hal yang demikian, sehingga mempunyai tenaga ikat tinggi dengan coran beton. Formatnya yang sirip-sirip ini berbeda untuk tiap-tiap produsennya. Besi beton ulir cuma dipasarkan dalam volume besar oleh distributor terhadap kontraktor. Besi beton ulir lebih kaku dan susah dibengkokkan sehingga susah pemasangannya akan melainkan lebih kuat. Tenaga bendung tekan minimal untuk besi beton ulir merupakan 400 Mpa.Umumnya besi beton memiliki panjang standar 12 meter.

Diameter besi beton yang umum diaplikasikan merupakan 8 mm dan 10 mm. Melainkan yang terjadi di lapangan, besi beton yang ada mempunyai penampang yang sedikit lebih kecil dari yang tertera pada artikel marking pada permukaan besi beton hal yang demikian. Jikalau masih dalam batas toleransi 0,1 mm, karenanya besi beton hal yang demikian masih masuk ke dalam standar SNI.

Daftar Harga Besi Beton Polos 2023


ProdukUkuran (mm)Harga
Besi Beton Ø8mm8mmRp59.000
Besi Beton Ø10mm
10mm
Rp92.000
Besi Beton Ø12mm
12mm
Rp133.000
Besi Beton Ø16mm
16mm
Rp236.000
Besi Beton Ø19mm
19mm
Rp333.000
Besi Beton Ø22mm
22mm
Rp444.000
Besi Beton Ø25mm
25mm
Rp573.000
Besi Beton Ø28mm
28mm
Rp719.000
Besi Beton Ø32mm
32mm
Rp939.000

*Harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya


Banyaknya jumlah penerapan dan ukuran diameter besi beton yaitu berbanding lurus dengan dimensi coran beton. ini distandarisasi dalam SNI 2052:2014 perihal Baja Tulangan Beton yang diterapkan pada konstruksi beton. Kian besar dimensi konstruksi beton, karenanya makin besar pula diameter dan jumlah besi beton yang diaplikasikannya.Akan tapi banyak kontraktor yang tak mentaatinya. Besi beton yang tak layak standar kerap kali digunakan untuk menghemat dan menekan tarif demi profit yang lebih besar.

Pilihan jenis besi beton SNI 

Setelah mengetahui penjelasan singkat mengenai apa itu besi beton Standar Nasional Indonesia, selanjutnya mengetahui apa saja pilihan jenis besi beton SNI yang tersedia di pasar. 

Untuk wilayah Indonesia sendiri, saat ini ada dua jenis besi beton SNI yang populer dan paling direkomendasikan untuk keperluan penulangan sebuah konstruksi banguanan. Kedua jenis besi beton tersebut adalah : 

1. Besi Beton Polos 

Besi beton polos adalah salah satu jenis besi yang berbentuk bulat mulus dengan kekuatan terhadap tekanan minimal 240 Mpa, yang memiliki harga yang lebih murah dari besi beton ulir.  

2. Besi Beton Ulir 

Besi beton ulir adalah salah pilihan jenis besi lainnya dengan bentuk dan kekuatan terhadap tekananan berbeda dengan besi beton polos. Besi beton ulir diproduksi dengan tambahan sirip berukuran sama dengan sudut 45 derajat dari sumbu batang, rapih, teratur dan bulat. Ketahanan tekan minimal besi beton ulir adalah 400 Mpa dan harganya pun lebih mahal bila dibandingkan dengan besi beton polos.

Fungsi Utama Besi Beton SNI 

Karena lebih mudah untuk ditemukan dan dibeli dipasaran dengan harga yang lebih murah bila dibandingkan dengan bahan konstruksi lainnya, penggunaan besi beton sudah mulai dilakukan sejak tahun 1950an. 

Khususnya di Indonesia sendiri, besi beton memiliki peran dan fungsi yang sangat penting pada sebuah konstruksi bangunan. Besi beton memiliki fungsi utama untuk penulangan sebagai penambah daya tahan sebuah konstruksi beton agar menjadi lebih kuat dan dapat memikul beban atau gaya yang bekerja.   

Besi beton sering digunakan untuk penulangan konstruksi beton yang digunakan untuk pembuatan drainase, jembatan, dinding penahan tanah, bangunan dan masih banyak lagi. 
Related Articles