besi hollow
Mengenal Besi Hollow
Mengenal Besi Hollow
June 21, 2018

Apa itu Besi Hollow?

Besi hollow adalah produk besi berbentuk kotak atau persegi panjang dengan rongga di bagian tengah sehingga menyerupai pipa. Rongga itulah yang membuat besi hollow juga kondang disebut sebagai pipa hollow, atau pipa kotak besi. Besi hollow merupakan salah satu material besi yang sering digunakan selain besi beton dalam industri konstruksi. Meski tidak secara langsung digunakan untuk rancangan bangunan, material ini biasanya digunakan dalam pembuatan interior dan eksterior bangunan seperti kanopi, tangga, maupun pagar.

Penamaan besi hollow diambil dari karakter bentuk besi yang merupakan jenis besi batangan berongga, dimana kata “Hollow” merupakan kosa kata dalam bahasa inggris yang berarti rongga. Besi Hollow juga sering disebut sebagai Pipa Kotak, karena memiliki karakter berbentuk segi empat dan berongga. Saat ini penggunaan besi hollow ini mulai menyebar di segala konstruksi, tidak hanya untuk konstruksi industri, tapi kini juga semakin mudah ditemui pada bangunan – bangunan berjenis rumah hunian. Nama asli dari besi jenis ini adalah Besi HSS (Hollow Structural Section)


Jenis Besi Hollow

Besi Hollow Gypsum

Besi hollow jenis gypsum merupakan material bahan bangunan yang banyak diminati ka kokoh dan tahan lama. Hollow gipsum banyak digunakan untuk pembuatan rangka plafon pada bangunan rumah maupun gedung. Alasan pemilihan besi hollow jenis ini untuk plafon adalah karena ringan, kokoh, serta kualitasnya jauh lebih bagus dibandingkan dengan kayu. Lebih aman tidak akan terserang oleh rayap.

Bahan baku dari pembuatan besi hollow gypsum adalah besi yang komposisi lapisannya terdiri dari beberapa jenis seperti stainless dan meni. Pada hollow gypsum, lapisan cat yang umum digunakan adalah cat yang berwarna hijau ataupun merah. Ukuran ketebalan hollow gipsum pun beragam, mulai dari 0.3 mm hingga 0.4 mm.

Besi Hollow Galvalume

Besi hollow galvalume atau Zinc-Alume merupakan jenis besi hollow yang paling bagus. Hal ini dikarenakan komposisi dari bahan pembuatan besi ini mempunyai ketahanan yang lebih baik terhadap karat bila dibandingkan dengan besi hollow jenis lain.

Bahan galvalume yang paling bagus memiliki kandungan unsur 1.5% lapisan silicon, 43.5% unsur besi, serta unsur coating aluminium  sebesar 55%. Karena kandungan unsur besi dan aluminiumnya yang tinggi, besi hollow galvalume lebih dikenal dengan Zinc-Aluminium.

Besi Hollow Galvanis

Besi hollow galvanis ini merupakan jenis besi yang memiliki kualitas dibawah besi hollow galvalume. Besi jenis ini sangat mudah sekali mengalami korosi apabila terpotong maupun bergesekan dengan material lainnya.

Penyebab besi hollow galvanis rentan terhadap korosi ialah karena komposisi dari bahan pembuatannya sendiri. Kandungan unsur yang paling banyak adalah coating Zinc (besi) sejumlah 97%, coating aluminium sebesar 1%, dan beberapa unsur bahan lain.

Itulah sebabnya kenapa besi ini sifatnya korosif. Dalam penggunaannya, besi hollow galvanis membutuhkan lapisan anti karat serta jenis cat yang memiliki kualitas tinggi. Hal ini bertujuan agar besi tahan lebih lama terhadap kondisi cuaca. Ukuran tebal besi hollow berkisar antara 0.3 cm hingga 0.5 cm, tampilan besi ini juga sangat rapi.

Berat Besi Hollow

Karena terbuat dari logam, besi hollow tentu saja diperjualbelikan menurut beratnya. Berat besi hollow dipengaruhi oleh sisi panjang, sisi lebar, dan ketebalan besi hollow. Nah, bagaimana cara menghitung berat besi hollow? Yuk, simak cara berikut.

Rumus yang digunakan untuk menghitung berat besi hollow adalah sebagai berikut.

Berat Besi Hollow = (Sisi A + Sisi B) x 2 x Panjang x Tebal x Berat Jenis Besi

Contohnya, menghitung berat besi hollow 20x40x1.2mm

Sisi A = 20 mm

Sisi B = 40 mm

Ketebalan = 1.2 mm

Panjang = 6000 mm

Berat jenis besi = 7.85Kg/1.000.000 mm3

Berat Hollow = (Sisi A + Sisi B) x 2 x Panjang x Tebal x Berat Jenis Besi

= (20 + 40) x 2 x 6000 x 1.2 x 7.85Kg/1.000.000 mm3

= 6.78 Kg

Dengan begitu, 1 lonjor besi hollow 20x40x1.2mm dengan panjang 6 meter memiliki berat ±6.78 kg. Tentu saja dalam praktiknya, berat besi hollow yang dijual di pasar tidak selalu pas dengan hitungan karena adanya kemungkinan toleransi ukuran seperti toleransi ketebalan. Namun, setidaknya cara menghitung besi hollow ini bisa mejadi acuan bagi kita untuk mengetahui apa kualitas besi hollow yang dibeli baik atau tidak.


Kelebihan Besi Hollow

Berikut penjelasan mengenai kelebihan besi hollow dan keuntungan penggunaannya.

  • Mudah Diaplikasikan. Dengan kata lain besi hollow mudah diaplikasikan untuk kebutuhan apa saja karena dijual dalam bentuk batangan. Sehingga perhitungan pembelian didasarkan pada harga besi hollow per batang dan dibedakan berdasarkan ukuran penampang dan ketebalannya.
  • Harga Ekonomis. Pada konstruksi yang sebelumnya menggunakan material kayu, anda bisa menggantinya dengan material hollow. Ada 3 jenis hollow yang bisa menjadi bahan pertimbangan yaitu hollow Gypsum, Galvalume dan hollow Galvanis. Pilih sesuai dengan budget anda, karena dari ketiganya kesemuanya lebih murah jika dibanding material kayu dengan kualitas terbaik.
  • Bersifat Non-Combustable. Dalam bahasa kita bisa diartikan sebagai material yang tahan api dan tidak bersifat membesarkan rambatan api. Sehingga sangat cocok jika digunakan sebagai material utama untuk konstruksi rangka atap, plafon dan rangka kanopi minimalis.
  • Anti Rayap. Jika masih bertahan dengan material kayu, apalagi untuk material kayu dengan kualitas menengah, tentu serangan rayap tidak bisa dihindari. Untuk itu, daripada anda menggunakan kayu dengan kualitas biasa karena menyesuaikan dengan budget, lebih baik anda berpindah menggunakan besi hollow.


Proyek – proyek pembangunan atau konstruksi dari hari ke hari semakin marak. Permintaan terhadap material pun semakin meningkat. Perkembangan saat ini memperlihatkan bahwa arsitek maupun pengembang tidak hanya terpaku pada ketahanan struktur saja tetapi juga pada faktor estetika.

Dalam setiap proyek, baik proyek residensial maupun komersial, salah satu hal penting yang harus wajib menjadi perhatian adalah rangka plafon karena rangka ini konstruksi penopang plafon. Karena fungsinya sebagai penopang, kriteria utamanya adalah harus kokoh dan juga memiliki nilai estetika. Hal – hal penting yang harus diperhatikan dalam pemasangannya diantaranya adalah pengukuran jarak dan material.

Salah satu material yang saat ini mulai banyak digunakan untuk rangka plafon adalah besi hollow. Istilah besi hollow mungkin cukup asing dan sulit dimengerti. Namun, terntaya besi hollow adalah besi yang berbentuk pipa kotak. Besi hollow biasanya terbuat dari besi galvanis dan galvanum. Pada mulanya bahan baku yang digunakan untuk pembuatan besi hollow ini terbuat dari campuran zinc dan alumunium yang sudah banyak digunakan di negara – negara maju karena kemampuannya yang tahan karat dan juga termasuk reflektor panas yang baik.

Besi hollow memiliki beberapa keunggulan yang membuat jenis besi ini begitu banyak diminati oleh masyarakat. Beberapa keunggulan besi hollow diantaranya adalah tahan api, anti rayap, anti karat, proses pemasangan yang cepat, dan harganya cukup terjangkau. Pemasangan besi hollow bisa lebih cepat karena untuk pemasangannya tidak memerlukan skill yang terlalu sulit. Pemasangan yang lebih cepat tentu akan menghemat biaya tenaga kerja untuk pemasangan. Selain itu harga besi hollow juga lebih terjangkau sehingga mampu mengurangi biaya konstruksi.

Besi Hollow selain untuk rangka plafon juga banyak digunakan untuk rangka dinding partisi sehingga nantinya bangunan menjadi tahan api, anti rayap atau binatang pengerat lain, bebas dari karat dan korosi akibat perubahan cuaca atau karena air hujan yang bersifat asam. Besi hollow memiliki kualitas yang bagus karena bahannya yang kokoh dan memiliki ketahanan untuk keperluan jangka panjang.

Tips Membeli Besi Hollow

Sebelum memutuskan untuk membeli besi hollow, apapun jenis dan ukurannya, sebaiknya anda memperhatikan tips membeli beli hollow dari kami. Jadilah bijak dan berhati – hati, berikut tips dari kami.

Perhatikan Produk dan Harga. Pertama yang harus anda perhatikan adalah dalam hal pemilihan produk. Pilihlah produk yang sudah dikenal khalayak yang dibanderol dengan harga kompetitif. Jika anda menemukan lebih dari satu merk, bandingkan dahulu harga dari keduanya. Jika ternyata harga besi hollow dari keduanya terpaut tipis, pilihlah yang lebih mahal.

Pilihlah Sesuai Fungsi. Hal kedua yang perlu anda perhatikan adalah tetap berpegang pada prinsip membeli sesuatu berdasarkan fungsi dan kebutuhan. Jangan sekalipun melupakan kebutuhan fungsi, dikarenakan tergiur harga besi hollow yang lebih murah.


Related Articles