sheet pile
Tlpe dari dinding turap
Tlpe dari dinding turap
November 18, 2016
Berdasarkan material yang digunakan dikenal beberapa jenis dinding turap / sheet pile, seperti turap kayu, turap beton atau turap baja. Penentuan jenis material dinding turap tergantung dari penggunaannya. Pertimbangan untuk menggunakan jenis material tertentu pada dinding turap antara lain adalah : 

Dinding turap kayu 
Biasa digunaka pada bangunan yang tidak permanen, seperti bangunan perancah penggalian pondasi dan sebagainya. Untuk bangunan permanen, pengawetan bahan perlindungan bahan terhadap pelapukan harus benar-benar diperhatikan. Penggunaan material kayu untuk dinding turap mempunyai keuntungan dan ke Keuntungannya adalah bahan ini mudah dicari. Sedangkan kerugiannya adalah masa dari material ini relatif pendek, serta diperlukannya teknik pengawetan. 

Dinding turap beton 
Biasa digunakan pada bangunan permanen atau pada detail-detail konstruksi yang akan sulit. Keuntungan pemakaian jenis dinding turap ini adalah dinding bisa dibuat di tempat, sehingga waktu pelaksanaan lebih cepat karena tanpa tenggang waktu pemesanan dan pengangangkutan.  Sedangkan kerugiannya adalah sulitnya pelaksanaan di lapangan karena sering terjadi kebocoran-kebocoran. 

Dinding turap baja 
Biasa digunakan pada bangunan permanen. Konstruksi dinding turap ini lebih ringan, lebih mudah pelaksanaannya di lapangan serta hasilnya lebih baik. Sedangkan kerugiannya adalah adanya tenggang waktu pemesanan serta adanya bahaya korosi. 
Related Articles
8 March 2024
8 March 2024