pipa galvanis medium
Pengertian Pipa Galvanis dan Fungsinya
Pengertian Pipa Galvanis dan Fungsinya
January 19, 2019
Pengertian Pipa Galvanis

Pipa galvanis merupakan jenis pipa bangunan yang terbuat dari material besi yang dilapisi oleh seng yang berguna untuk melindungi pipa dari proses korosi dan kondisi alam lainnya. Dengan kata lain, daya tahan pipa lebih awet dan tidak rentan akan kerusakan seperti retak dan berkarat. Jika Anda ingin memilih jenis pipa yang mampu digunakan hingga jangka panjang, maka pipa jenis besi ini bisa jadi alternatif pilihan.

Ukuran Pipa Galvanis dan Jenisnya

Sebelum memutuskan untuk membeli, ada baiknya untuk mengetahui ukuran pipa galvanis beserta jenis-jenisnya. Di pasaran, pipa ini dapat dikategorikan dalam beberapa jenis berdasarkan ukuran. Ukuran pipa ini beragam, dari ukuran kecil hingga ukuran paling besar. 

Perlu diketahui pula dalam pengertian ukuran terdiri dari ukuran ketebalan atau diameter pipa dalam satuan inci dan panjang pipa dalam meter. Pengkategorian berdasarkan ketebalan pipa ini biasa dikenal dengan tipe schedule. Ada tiga schedule pada umumnya, yaitu pipa galvanis medium A, medium B dan non medium. Perbedaan pipa medium A dan B ada pada ketebalannya mulai dari 1 mm.

Disamping schedule, pipa yang terbuat dari besi ini juga memiliki ulir yang berbeda setiap ukurannya. Ulir pada ujung pipa berguna untuk menghubungkan ujung satu pipa dengan yang lainnya. Setiap ukuran pipa memiliki jumlah ulir dan panjang ulir yang berbeda pula. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah tabel ukuran pipa galvanis lengkap.

Kelebihan Pipa Galvanis

Pipa galvanis memiliki beberapa kelebihan, berikut kelebihan pipa galvanis :

Tidak Mudah Berkarat
Pipa Galvanis yang terbuat dari bahan besi dan dilapisi dengan seng membuat pipa galvanis tidak mudah berkarat

Tahan Terhadap Bantingan
Pipa galvanis yang mempunyai sifat anti pecah dan tidak mudah berkarat karena material yang di gunakan untuk bahan pipa galvanis sangat kuat hal itu membuat pipa galvanis tidak mudah rusak 

Tahan Lama
Pipa galvanis yang memiliki sifat anti karat hingga pipa jenis ini dapat bertahan lebih lama dan awet.pipa ini juga dapat  bertahan hingga 50 tahun kedepan.

Hemat
Karena pipa galvanis yang tidak mudah berkarat,sehingga perawatannya pun hemat karena tidak perlu menggantinya dalam jangka yang cukup lama

Kegunaan Pipa Galvanis

Selain kelebihan pipa galvanis di atas berikut kegunaan pipa galvanis :

Sistem saluran
Karena lapisan seng yang ada pada tabung sehingga menggunakan pipa galvanis untuk sistem saluran air tidak akan membuatnya cepat berkarat. Namun penggunaannya tidak di perbolehkan untuk saluran air panas dan gas,karena dapat menyebabkan lapisan yang ada di dalam dapat mengelupas dan pipa tersumbat.

Kontruksi untuk perumahan
Pada saat ini banyak pembangunan perumahan yang mengunakan pipa galvanis untuk pagar rumah atau pegangan tangan pada tangga karena sifat galvanis yang yang tidak mudah berkarat dan lebih awet.

Pemasangan untuk listrik
Saat ini pipa baja galvanis banyak di gunakan untuk instalasi listrik karena dapat meminimalisasi gangguan pada penghantar listrik dan selain itu juga pemasangan dan pembongkaran bisa dilakukan dengan mudah.
Related Articles