plat hitam eser
Plat Besi – Definisi, Jenis Hingga Kegunaan
Plat Besi – Definisi, Jenis Hingga Kegunaan
February 18, 2021
Apa Itu Plat Besi ?

Bagi Anda yang sudah terbiasa dan paham dengan dunia konstruksi, tentunya sudah tidak asing lagi dengan material satu ini. Memiliki nama besi jenis plat, yang bermakna bahwa sebuah besi dengan bentuk lembaran dan mempunyai penampang atau permukaan rata. Serta material ini hadir dengan ukuran plat besi lembaran yang sangat beragam.

Biasanya memiliki ukuran plat besi per lembar dengan standar yang sudah ditetapkan. Dengan kisaran 4 x 8 feet dan tebal plat besi yang dimulai dari 0.6 mm sampai 50 mm. Untuk plat ini sendiri, tentunya telah memiliki sebuah standar ukuran dalam SNI. Umumnya dalam aturan tersebut telah ditoleransi dengan ukuran kurang lebih 0.1 mm. 

Mempunyai nama lain berupa plat hitam eser. Dengan fungsinya yang cukup beragam, mulai dari menjadi alas, lapisan sebuah pintu, atau bahkan untuk fabrikasi pada tangki air. Bahkan plat ini mempunyai beberapa jenis diantaranya plat hitam, plat bordes, plat kapal, dan masih ada beberapa lainnya.

Pada pasaran yang beredar, material ini merupakan jenis baja struktural. Yang mana sering dipakai pada pembuatan baja karbon rendah, sehingga mampu menghasilkan fleksibilitas bahan yang baik. Dan bahkan material ini juga terkenal dengan kekuatan dan ketahanannya dalam berbagai keadaan. 

Dengan keunggulan atau kelebihan yang ditawarkannya, memungkinkan bahan ini untuk dibor ataupun dibentuk sesuai dengan kebutuhan pada konstruksi. Tak hanya berguna dan diaplikasikan pada konstruksi, plat ini juga sering dipakai dalam berbagai industri reparasi dan fabrikasi. 

Jenis-Jenis Plat

Material satu ini yang terkenal dengan tingkat kekuatan dan ketahanan yang sangat tinggi. Bahkan saat ini telah banyak beredar jenis plat yang sangat bervariasi dan beragam. Sehingga bila Anda ingin menggunakannya, alangkah baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu perbedaannya yang ada. 

Secara umum, ada beberapa jenis plat yang saat ini memang lebih sering diaplikasikan dalam konstruksi atau fabrikasi. Untuk masing-masing jenisnya hadir dengan kualitas dan kualifikasi yang berbeda. Serta dapat disesuaikan dengan fungsi dan kegunaannya dalam kebutuhan. Inilah beberapa jenisnya, antara lain :

1. Plat Hitam

Untuk jenis yang pertama adalah plat hitam. Untuk jenis ini mempunyai ukuran plat besi per lembar yakni 122 cm x 124 cm. Atau dapat dianggap setara dengan 4 x 8 feet, yang mana memiliki tebal plat besi sekitar 1,2 mm hingga 200 mm. Pada jenis ini termasuk kedalam jenis umum dalam struktur baja profil. 

Dalam pengaplikasian material ini, seringkali digunakan sebagai penguat atau bahkan untuk dijadikan sebagai dudukan pada material profil. Selain itu, juga sering dimanfaatkan dalam bahan baku pembuatan sebuah tangki dan beberapa produk material lainnya. 

2. Plat Kembang 

Jenis plat selanjutnya adalah plat kembang, yang mana terkenal dengan penampang atau permukaannya yang bertekstur. Material ini memiliki nama lain yakni plat lantai atau plat berlian. Untuk jenis ini ukuran plat besi lembaran adalah sekitar 1,2 m x 2,4 m. Dengan tebal plat besi tipis yang sangat beragam dan bervariasi.

Kebanyakan diaplikasikan pada lantai bangunan, anak tangga pada sebuah bangunan, lantai pada tempat atau sarana transportasi layaknya bis, kereta, damkar, dan angkutan umum. Dengan tekstur yang dimilikinya, membuat orang yang berjalan di atasnya tidak mudah untuk terpeleset karena permukaannya yang mengantisipasi licin.

3. Plat Kapal

Ada plat kapal, yang mana sesuai dengan namanya bahan ini banyak dipakai dan digunakan pada pembuatan atau instalasi kapal dan material konstruksi serta fabrikasi. Tak hanya itu, plat ini juga dipakai untuk pembuatan sebuah tangki dan masih banyak lainnya. Bila dibandingkan dengan produk atau bahan dasar lainnya, jenis plat ini lebih tahan terhadap korosi. 

Plat jenis ini mempunyai ciri khasnya tersendiri yaitu panjang dan lebarnya lebih relatif. Jika dilihat pada segi ukurannya jenis ini dan berat plat besi sangatlah beragam. Untuk ukuran panjangnya berkisar 6000 mm, yang mana mempunyai dua ukuran lebar yang berbeda yakni 1800 mm dan 1500 mm. 

4. Plat Strip

Kemudian ada plat strip, yang mempunyai bentuk layaknya papan kayu dengan ukuran standar. Biasanya berkisar antara panjang 6 m dan lebarnya mulai dari 19 mm bahkan hingga 200 mm. Sedangkan untuk tebal plat besi ini kurang lebih antara 3 mm sampai dengan 12 mm. 

Lebih sering diaplikasikan pada pagar, teralis pintu, jendela, dan beberapa konstruksi jenis pengaman lainnya. Untuk kelebihan yang ditawarkan oleh bahan ini adalah material yang mudah untuk ditekuk. Hanya dengan memanfaatkan las, maka plat ini dapat dibentuk dan disesuaikan dengan kebutuhan.

5. Plat Bordes

Untuk yang terakhir adalah plat bordes. Bordes sendiri adalah area datar pada bagian tangga yang biasanya dipakai untuk mengistirahatkan kaki. Umumnya diaplikasikan pada sebuah tangga yang memiliki anak tangga lebih dari 12. Sama dengan plat kembang, yang mana memiliki tekstur pada permukaannya. Sehingga mengurangi adanya resiko terpeleset.

Kegunaan Plat

Tahukah Anda, bila sebenarnya material ini merupakan salah satu bahan baku utama yang memberikan peranan penting dalam dunia fabrikasi dan konstruksi. Secara umum, plat ini dipakai dan dimanfaatkan sebagai bahan dasar bangunan. Yang mana mampu menghasilkan dan membuat sebuah struktur konstruksi bangunan menjadi sangat kokoh dan kuat. 

Kebanyakan material ini diaplikasikan pada sebuah konstruksi bangunan yang bertingkat. Atau bahkan dijadikan sebagai tatakan dalam berbagai bahan bangunan lainnya. Sebagai contoh dipakai untuk konstruksi bangunan yang lemah dan lembek, sehingga membutuhkan sebuah cetakan atau penyangga. 

Berguna dalam berbagai bidang kehidupan. Selain sering diaplikasikan dalam konstruksi bangunan, plat besi tipis ini juga dipakai untuk hal lain seperti pada usaha las hingga bahan-bahan kendaraan. Pada kendaraan lebih sering diaplikasikan menjadi sebuah bantalan. 

Umumnya, kendaraan-kendaraan ini akan seringkali dijumpai pada jalanan yang berlubang, terjal, atau bahkan berlumpur saat melakukan sebuah konstruksi. Plat ini mampu menjadikan berbagai jenis kendaraan melaju lebih cepat dan pastinya aman serta lancar pada berbagai bidang kondisi. 

Tabel Plat Besi

Material ini hadir dengan beragam ukuran yang sangat bervariatif, yang mana dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan pada sebuah konstruksi atau hal lainnya. Yang mana secara umum material ini memiliki sebuah dimensi dengan standar 1200 mm x 2400 mm. Atau bahkan dapat diibaratkan dengan ukuran dimensi 4’ x 8’ feet. 

Bila Anda berkeinginan untuk mengetahui berat plat besi, maka dapat menggunakan cara perhitungan berikut ini. Yakni 4’ x 8’ = tebal, yang mana kemudian dikalikan dengan 23,33 sehingga nantinya akan menghasilkan berat dalam satuan kilogram. Namun, bila terlalu susah untuk mencoba melakukan perhitungan tersebut, maka dapat perhatikan tabel plat besi. 

source : https://wira.co.id/plat-besi/

Related Articles