309662275p (1)
Strategi Steel Pipe Industry Indonesia (ISSP) capai target bisnis tahun ini
Strategi Steel Pipe Industry Indonesia (ISSP) capai target bisnis tahun ini
August 17, 2021

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Steel Pipe Industry Indonesia Tbk (ISSP) atau dikenal dengan Spindo menorehkan kinerja yang positif di semester pertama tahun ini. Capaian Spindo di paruh pertama tahun ini didorong oleh kondisi ekonomi yang sudah berada dalam fase pemulihan. 

"Kinerja paruh pertama jauh lebih baik. Mengingat kondisi ekonomi telah berada dalam fase pemulihan," ungkap Investor Relation Spindo, Johanes W Edward, saat dihubungi Kontan.c.id, Minggu (15/8) lalu. 

Sebagai gambaran, berdasarkan laporan keuangan per 30 Juni 2021, Spindo membukukan penjualan sebesar Rp 2,19 triliun. Jumlah itu terkerek 31,45% dibandingkan penjualan pada periode yang sama tahun lalu senilai Rp 1,66 triliun. 

Sementara dari sisi bottom line, tercatat meningkat signifikan 9579,77% menjadi Rp 254,19 miliar. Sedangkan pada periode yang sama tahun lalu, Spindo hanya mencatatkan laba tahun berjalan yang dapat diatribusikan kepada pemilik entitas induk senilai Rp 2,62 miliar. 

Johanes menyebut, stimulus yang diberikan oleh pemerintah memiliki peranan besar dalam memulihkan ekonomi nasional. Walhasil turut berdampak positif juga terhadap laju bisnis Spindo di tahun ini. 

Capaian positif yang ditorehkan Spindo di paruh pertama, membuat perseroan yakin dapat merealisasikan target bisnis mereka hingga akhir tahun nanti. Ditambah, kata dia, kami memandang program percepatan vaksinasi sudah mulai membuahkan hasil secara global, sehingga tingkat kematian pun semakin rendah. 

"Ditambah dengan stimulus yang masih dikeluarkan oleh seluruh pemerintah dunia menjadikan 2021 tahun yang berpengharapan besar untuk kami," terang Johanes. 

Adapun, mengutip catatan Kontan.co.id (28/7) Spindo menargetkan laba bersih dan penjualan di tahun ini akan kembali mencapai kinerja seperti pada tahun 2019 silam, dengan perolehan laba  sekitar Rp 490 miliar dan revenue atau penjualan mencapai Rp 5 triliun - Rp 5,5 triliun. 

Berbagai upaya pun dikerahkan oleh Spindo demi mencapai target bisnis di tahun ini. Salah satunya lewat pendekatan ke pengguna untuk memperkuat product knowledge. Sebab kekuatan Spindo adalah kepastian mutu dan spesifikasi teknisnya. 

 "Ini yang membedakan kami dengan pesaing yang memproduksi pipa tidak sesuai standar atau yang dikenal ‘pipa banci’," sambungnya. 

Sedikit informasi, sampai saat ini pangsa pasar Spindo di Tanah Air berada di kisaran 30%-35%. Tercatat, penjualan lokal Spindo per 30 Juni 2021 berada di angka Rp 2,05 triliun atau 93,73% dari total penjualan perseroan.


https://industri.kontan.co.id/news/strategi-steel-pipe-industry-indonesia-issp-capai-target-bisnis-tahun-ini

 

 

Related Articles