besi hollow
Besi Hollow
Besi Hollow
January 5, 2022

Besi hollow merupakan salah satu material bangunan rumah yang kian digemari karena banyak manfaatnya untuk jangka panjang. Simak informasi beserta daftar harga besi hollow di sini selengkapnya.

Besi hollow merupakan salah satu jenis material bangunan yang banyak digunakan pada rumah-rumah baru. Mempunyai kekuatan seperti baja ringan, besi ini merupakan padanan yang pas untuk beberapa bagian rumah, khususnya pada sisi furnitur maupun aksesoris rumah.

Jika kamu sedang berencana membeli besi hollow, ada beberapa panduan yang perlu kamu ketahui termasuk daftar harga terlengkapnya.

Untuk itu, simak pembahasannya bersama-sama!

Mengenal jenis-jenis besi hollow

Macam-macam besi ini biasanya ditentukan oleh jenis coating yang digunakan untuk melapisi besi. Jenis coating yang dipakai juga menentukan harga jual di pasaran. Coating yang baik akan melindungi besi hollow dari korosi serta karat akibat terpaan panas maupun pengaruh kelembaban. Berikut macam-macam jenis yang tersedia di pasaran:

Besi Hollow Galvanis

Besi Hollow Galvanis


Memiliki lapisan finishing dengan komposisi 97% zinc serta 1% aluminium dan 2% lainnya merupakan bahan-bahan lain. Sumber-sumber lain juga ada yang menyebutkan bahwa komposisi lapisan coating adalah 98% zinc dan 2% aluminium.

Dibentuk oleh proses galvanisasi, yaitu pemberian lapisan seng sebagai lapisan anti karat pada besi. Galvanisasi dapat dilakukan dengan cara mencelupkan pipa besi ke dalam cairan timah sehingga lapisan seng menempel pada besi. Lapisan seng melindungi besi dari polutan penyebab karat hingga habis “dimakan” oleh polutan-polutan penyebab karat tersebut. Setelah lapisan seng habis, baru besi akan berkarat.

Besi Hollow Galvalum

besi hollow galvalum


Perbedaan utama dari coating dengan galvalum adalah kandungan aluminiumnya yang lebih tinggi, yaitu mencapai 55%. Lebih detailnya lagi, komposisi dari lapisan coating galvalum adalah 55% aluminium dan 45% zinc. Kandungan aluminium yang lebih tinggi membuat lebih tahan terhadap karat.

Namun kelemahannya adalah tidak tahan terhadap semen sehingga lebih tidak tahan terhadap keropos. Namun apabila tidak digunakan bersentuhan langsung dengan semen, tentunya lebih awet dan mampu bertahan lebih lama dari serangan polutan penyebab karat.

Besi Hollow Baja Ringan


besi hollow baja ringan

Hollow baja ringan merupakan salah satu bahan material berbentuk kotak yang terbuat dari material baja ringan yakni kombinasi galvanis dan galvalum. Secara umum, hollow baja ringan banyak diaplikasikan pada berbagai jenis bahan bangunan, khususnya plafon gypsum, pvc, plafon grc, triplek dan lain sebagainya.

Besi Hollow Hitam


besi hollow hitam

Secara umum, besi hollow hitam memiliki karakteristik permukaan hitam keabu-abuan karena terbuat dari bahan dasar hot-rolled steel. Adapun, hollow hitam merupakan material bahan bangunan yang cukup standar dan tersedia di pasaran secara umum. Penggunaan besi hollow hitam kerap digunakan untuk merancang pembuatan pagar, kanopi maupun railing tangga.

Daftar harga besi hollow 2022 ter-update

Untuk kamu yang berencana membeli rangkaian besi hollow sebagai bahan material rumah berkualitas tinggi, ada beberapa panduan harga beserta jenis ukurannya yang bisa kamu sesuaikan.

Adapun, daftar harga besi hollow beserta panjang dan ukurannya dapat dideskripsikan sebagai berikut.

1. 20 x 20, 6 Meter x 1,5mm = Rp71.000

2. 30x15, 6 Meter x 1,5mm = Rp81.000

3. 30x30, 6 Meter x 1,5mm = Rp112.000

4. 30x30, 6 Meter x 1,7mm = Rp144.000

5. 40x20, 6 Meter x 1,5mm = Rp112.000

6. 40x20, 6 Meter x 1,7mm = Rp144.000

7. 40x40, 6 Meter x 1,7mm = Rp198.000

8. 40x40, 6 Meter x 2,7mm = Rp284.000

9. 50 x 50, 6 Meter x 1,7mm = Rp252.000

10. 50 x 50, 6 Meter x 2,7mm = Rp364.000

11. 60 x 30, 6 Meter x 1,5mm = Rp172.000

12. 60 x 30, 6 Meter x 1,7mm = Rp225.000

13. 60 x 40, 6 Meter x 1,7mm = Rp252.000

14. 75 x 75, 6 Meter x 2,7mm = Rp566.000

Kelebihan dan kekurangan aplikasi besi hollow pada bangunan rumah

Dalam aplikasinya sebagai salah satu jenis bahan bangunan, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai penggunaan besi hollow.

Untuk itu, simak kelebihan dan kekurangannya pada deskripsi berikut ini.

1. Material yang cukup kuat

Seperti bahan besi baja pada umumnya, hollow memiliki material yang tergolong sangat kuat.

Dalam hal ini, kekuatan memiliki arti yang sudah teruji kualitasnya dan bisa digunakan dalam berbagai aktivitas maupun keperluan bangunan.

Untuk diketahui, besi ini juga sudah dilengkapi oleh zat antikarat yang memungkinkan permukaannya terhindar dari korosi cuaca ekstrim.

2. Pemasangan praktis

Ukuran besi yang cukup panjang membuat bahan bangunan ini dapat dirancang maupun dipasang dengan praktis dan cepat.

Selain mudah untuk dipasang, bahan bangunan ini pun juga dapat dibentuk dalam rangkaian yang sudah disesuaikan.

Adapun, pemasangan besi ini cocok untuk digunakan pada konstruksi bangunan rumah maupun renovasi.

3. Perawatan mudah

Lapisan anti karat pada hollow membuat material bangunan ini menghasilkan kualitas yang sangat baik.

Kamu pun cukup melakukan perawatan berkala, setidaknya dalam kurun waktu tiga sampai empat bulan untuk pembersihan beberapa bagian.

4. Tahan api

Selain tahan korosi, hollow juga memiliki kemampuan tahan api sehingga mampu meredam berbagai kondisi yang ekstrim dengan karakter panas berlebih.

Selain dilengkapi oleh anti karat, besi ini juga dilengkapi oleh lapis coating yang membuatnya tahan terhadap api.

5. Harga cenderung sedikit lebih mahal

Meski memiliki kualitas yang baik, namun tak bisa dipungkiri jika besi hollow memiliki harga yang sedikit lebih tinggi.

Walau cenderung lebih tinggi, namun apa yang dihasilkan dari produk ini sepadan dengan harganya untuk jangka panjang.

6. Tidak bisa menahan beban yang berat

Secara umum, besi ini tidak direkomendasikan untuk digunakan sebagai atap rangka maupun plafon rumah.

Oleh sebab itu, besi hollow tidak diperkenankan untuk menahan beban yang berat, dan sebaiknya diaplikasikan pada beberapa bagian seperti sekat maupun wardrobe dapur.

7. Galvalum tidak tahan terhadap semen

Untuk besi hollow jenis galvalum, sebaiknya tidak diperkenankan digunakan langsung terhadap semen.

Pasalnya, semen justru akan membuat besi hollow galvalum menjadi mudah korosi.

8. Panjang tapi tidak terlalu panjang

Ukuran hollow memang cenderung besar dan memanjang, namun tidak terlalu panjang secara spesifik.

Panjang besi ini maksimal ada diantara empat sampai dengan enam meter, sehingga cenderung lebih baik untuk digunakan pada pagar atau furnitur rumah.

Kegunaan Besi Hollow

Berikut beberapa kegunaan penggunaan, mencakup sektor konstruksi bangunan hingga furnitur.

Konstruksi Rangka Gypsum

Konstruksi Rangka Gypsum Besi Hollow


Papan Gypsum selain dibuat untuk difungsikan sebagai material partisi ruangan, juga dapat digunakan untuk membuat atap plafon. Sampai saat ini papan gypsum merupakan salah satu material terbaik untuk membuat atap plafon. Dan untuk mendukung kualitas papan gypsum agar plafon kokoh, dibutuhkan konstruksi yang mumpuni.

Bisa menjadi solusi sebagai rangka penopang papan gypsum. Karena untuk menopang membutuhkan baut sekrup yang ditancapkan pada papan hingga menyatu dengan hollow, kami menyarankan untuk menggunakan besi hollow Galvalume. Selain ringan hollow Galvalume juga kuat dalam penguncian dan juga memiliki lapisan anti karat terbaik dibanding jenis hollow lainnya.

Konstruksi Kanopi Sederhana

Konstruksi Kanopi Sederhana Besi Hollow


Ada 3 jenis yang cocok untuk diaplikasikan menjadi rangka atap kanopi. Kanopi dalam hal ini adalah kanopi teras rumah, kanopi taman ataupun kanopi untuk garasi mobil. Ketiganya sama-sama membutuhkan spesifikasi yang mampu bertahan dalam segala kondisi.

Ketiga jenis hollow yang bisa digunakan adalah Galvalume, hollow galvanis dan hollow hitam (hollow baja tebal). Jika anda memilih hollow Galvanis, sebaiknya pilih ukuran penampang hollow dengan ketebalan minimal 1,6 mm.

Kenapa harus tebal, karena lapisan hollow Galvanis merupakan yang terendah dibanding ketiganya. Namun jika anda menginginkan yang terkokoh sebaiknya menggunakan hollow hitam, namun tentu saja harga besi hollow hitam paling mahal dibanding yang lain.

Pagar Rumah Minimalis

Pagar Rumah Minimalis Besi Hollow


Apakah anda termasuk sebagian orang yang menginginkan pagar rumah yang terlihat kokoh, namun bosan dengan desain pagar yang mengandalkan material batu bata, semen dan pasir?

Jika anda menjawab iya, saran pertama dari kami adalah dengan menciptakan pagar yang mengkombinasikan antara material besi dan kayu. Untuk membuatnya anda membutuhkan hollow Baja yang memang memiliki ragam ketebalan yang lebih banyak dibanding jenis lain.

Pada gambar di atas anda dapat melihat salah satu contoh kombinasi dari material hollow dan kayu. Sedangkan opsi yang kedua, kami menyerankan untuk mengkombinasikan material batu bronjong dan hollow. Jika anda penasaran dengan kombinasi kedua material tersebut, lihat pada gambar di bawah ini.

Railing Tangga

Railing Tangga Besi Hollow


Selain dapat digunakan sebagai pagar dan pintu pagar rumah. Dapat dimanfaatkan untuk membuat railing tangga yang mencakup pegangan, tiang penyangga dan jari-jari pembatas. Untuk jari-jari anda juga bisa mengkombinasikan dengan material lain, semisal kayu, jeruji kawat, plat besi lubang (plat perforasi) atau material jenis lain.

Gambar di atas merupakan salah satu contoh penggunaan untuk tiang penyangga railing yang dikombinasikan dengan pegangan dari kayu dan pembatas dari plat besi perforasi. Gaya modern yang istimewa bukan.

Ragam Furnitur

ragam furniture Besi Hollow


Pernahkah anda berfikir jika besi hollow juga dapat digunakan untuk membuat furnitur – furniture keren?

Jika anda pernah melihat bangunan atau rumah hunian bergaya industrial, pasti anda akan cukup banyak menemui konsep furniture yang mengekspos penggunaan besi dan kayu. Dan jenis besi ini sangat cocok untuk mendukung menciptakan furniture untuk bangunan bergaya industrial.

Dengan mengkombinasikan besi dan material kayu anda dapat menciptakan furnitur seperti meja makan, meja TV, lemari baju, rak dapur hingga partisi ruangan yang sangat cocok untuk gaya industrial.

Pipa kotak ini diaplikasikan pada struktur plafon rumah agar lebih kokoh dan tahan lama seperti halnya rangka atap baja ringan. Tak hanya itu, dinding partisi rumah dan gedung juga kerap memanfaatkan besi hollow atau pipa kotak ini. Adapun keunggulannya yaitu bebas rayap, karat, dan lapuk apabila kita bandingkan dengan kayu. Anda terbebaskan dari biaya perawatan. Untuk membeli hollow dengan kualitas terbaik, Anda dapat langsung membeli dari kami.

Related Articles