sheet-pile
Pembuatan Sheet Pile Beton
Pembuatan Sheet Pile Beton
April 4, 2017

Sheet pile adalah sebuah material yang di desain dari beton prategang dan beton bertulang guna menahan tegangan ketika proses konstruksi telah selesai dilakukan. Sheet pile ini telah banyak diaplikasikan dengan cara disatukan yaitu antara satu sheet pile dengan sheet pile yang lain. Beragam jenis sheet pile berdasarkan komposisinya telah banyak terjual di pasaran. Mulai dari sheet pile kayu, sheet pile beton dan sheet pile baja. Namun sheet pile juga dapat dibedakan berdasarkan jenis bentuknya yaitu flat sheet pile dan corrugated sheet pile.

Manfaat Penggunaan Sheet Pile

Proses instalasi sheet pile beton cenderung lebih mudah apabila dikomparasikan dengan sheet pile berbahan baku lainnya. Tidak hanya proses instalasinya saja yang mudah. Harga dari sheet pile beton ini cenderung lebih terjangkau dan mudah didapatkan. Oleh sebab itu, para pihak kontraktor yang cenderung lebih memilih sheet pile beton sebagai komponen utama dalam proyek-proyek yang akan dijalankan. Contoh, sheet pile beton dapat berfungsi dengan baik sebagai penahan atau dinding tanah yang ada di sungai maupun di jalan raya. Adapun sheet pile beton juga tempat berfungsi dengan baik pada tebing galian, yani sebagai pembuatan pondasi langsung maupun pondasi tetap pada pendirian basement. Sheet pile beton juga dapat berfungsi dengan baik pada bangunan-bangunan yang berada di area perairan, seperti dermaga, pelabuhan dan bendungan.

Proses Produksi Sheet Pile

Sheet pile merupakan salah satu komponen atau material yang berfungsi untuk memperkuat sebuah konstruksi bangunan. Umumnya, sheet pile dipasang sebagai penahan tanah yang ditancapkan secara vertikal dengan kedalaman tertentu. Hingga saat ini, tidak sedikit cara pembuatan sheet pile masih dilakukan secara manual. Ini dikarenakan proses pembuatan beton bertulang masih muda daripada proses pembuatan produk-produk beton lainnya.

Namun apabila mencoba menggunakan metode tersebut, tentunya akan membutuhkan waktu yang sangat lama. Khususnya Jika anda masih awan atau belum memiliki pengalaman sama sekali terhadap pembuatan sheet pile beton. Sejatinya penggunaan alat dalam proses pembuatannya dinilai ampuh untuk memudahkan tahap setiap tahap yang akan dilalui.

Waktu yang dibutuhkan untuk proses pembuatan sheet pile ini beragam, tergantung dari metode yang akan digunakan. Beberapa tahapan berikut ini harus dilakukan dalam pemasangan sheet pile pada suatu proyek. Tahap pertama yang harus dilaksanakan adalah melakukan pengukuran sekaligus kepastian terhadap ukuran tempat terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan dengan pemancangan sheet pile beton yang umumnya dimulai dari persiapan kebutuhan material terlebih dahulu.

Selanjutnya, lakukan pekerjaan pemancangan turap terhadap sheet pile beton. Tujuannya adalah untuk menopang alat berat. Lanjutkan kembali dengan melakukan pengerjaan pemotongan pada top level. Terakhir, anda bisa melanjutkan proses pengerjaan tie rod dan pemasangan kanal UNP. Pastikan semuanya berjalan sesuai standar prosedur.

Kelebihan Sheet Pile Beton

Dibawah ini adalah kelebihan dari sheet pile beton:

  1. Cocok untuk digunakan sebagai penahan tebing di tepi sungai dan pantai yang mempunyai kekuatan dukung tanah yang rendah.
  2. Mempunyai performa yang sangat baik dengan harga yang relatif murah.
  3. tahan terhadap korosif.
  4. Dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.
  5. Juga dapat dipertanggungjawabkan karena merupakan hasil produksi dari pabrik.
  6. Bisa juga digunakan di tanah yang lunak atau tidak berbatu.
  7. Mempunyai nilai estetika yang lebih tinggi dibanding sheet pile yang lainnya, sehingga cocok digunakan di pantai yang merupakan tempat hiburan.
Related Articles
8 March 2024
8 March 2024
8 March 2024