Cara Membuat Denah Rumah Sederhana
Cara Membuat Denah Rumah Sederhana
Cara Membuat Denah Rumah Sederhana
April 21, 2021
Cara Membuat Denah Rumah Sederhana Panduan Membuat Denah Rumah Agar Hemat Anggaran dan tenaga kerja.  Perencanaan denah merupakan tahap awal dalam pembangunan rumah. Hal ini berkaitan dengan ketersediaan tanah, kebutuhan ruangan, dan ketersediaan biaya.
Selain itu, jumlah biaya yang dibutuhkan juga menjadi pertimbangan yang tak kalah penting. Biaya pembangunan ini akan bergantung pada perhitungan kualitas material, teknik pengerjaan, lokasi rumah, juga kualitas pekerja bangunannya.

Cara Membuat Denah Rumah Sederhana


Jika Anda tidak memiliki background arsitektur, membuat denah rumah bisa jadi sangat memusingkan untuk dipelajari.

Tapi, tidak perlu khawatir, ya! 

Di sini akan dijelaskan langkah demi langkah cara membuat gambar denah rumah sederhana yang bisa dilakukan awam sekalipun.

Yuk, simak langkah menggambar sketsa rumah ini satu per satu!

Gunakan Aplikasi Untuk Membuat Desain Rumah


Untuk kamu pengguna komputer laptop atau bahkan hp android, ada beberapa tools yang bisa sangat membantu dalam mendesain denah rumah secara mudah.

Menggambar Denah Rumah dengan Aplikasi Floor Plan Creator


Aplikasi ini sangat user friendly bagi pemula. Fiturnya sangat mudah dipahami bagi pengguna pemula. Kamu bisa memilih membuat denah bangunan rumah di laptop komputer atau melalui Hp. Semuanya dilakukan secara online.

Sistem yang digunakan Drag & Drop sehingga sangat praktis dan tidak bikin ribet dalam menentukan skala ukuran, maupun bentuk ruangan yang ingin dibangun.
Menggunakan Aplikasi Planner 5d Untuk Membuat Desain Rumah Sederhana
Harga berlangganan yang ditawarkan juga cukup murah, bahkan kamu bisa menggunakan versi gratis terlebih dahulu sebelum membeli versi berbayar.

Untuk pengguna Hp android, kamu bisa mendownload aplikasi ini di Playstore, dan bagi pengguna laptop atau komputer, bisa langsung mengakses website Floor Plan Creator.  Untuk pengguna IOS aplikasi ini belum tersedia ya saat tulisan ini dipublish.

Membuat Desain Rumah dengan Aplikasi Planner 5d


Aplikasi planner 5d ini tidak hanya memungkinkan kamu membuat denah rumah secara online dengan mudah, tapi juga menciptakan desain rumah cantik beserta isinya. 

Kamu dapat membuat denah rumah secara 2d dan 3d secara online.

Banyak sekali pilihan item-item yang ditawarkan oleh developer agar pengguna dapat menciptakan desain rumah yang cantik, minimalis dan elegan. 

Sebagian item berbayar, namun menggunakan item gratis pun sudah cukup bagi pemula untuk menciptakan desain rumah menawan.

Aplikasi ini bisa diakses secara mobile baik oleh para pengguna IOS maupun Android melalui Playstore maupun App Store. Untuk pengguna laptop dan komputer, bisa langsung menuju website Planner5d.com.

Pakai Template Desain Rumah


Kalau kamu bingung memulai menggambar denah rumah, kamu bisa mulai dengan menggunakan template yang telah disediakan oleh pengembang aplikasi. 

Baik aplikasi Floor Plan Creator maupun Planner Planner 5d, telah menyediakan beberapa template yang siap kamu modifikasi.

Untuk kamu yang sampai saat ini belum memiliki sendiri, pelajari panduan lengkap cara memiliki rumah sendiri di tahun 2021 ini.

Fungsi Denah Rumah


Selain sebagai panduan gambar kerja pada saat pembangunan rumah, gambar denah rumah juga mempunyai fungsi lain diantaranya adalah sebagai berikut.
 
Pedoman  Dasar Pembangunan

Pola dan ukuran awal yang dibuat dalam denah akan sangat membantu pekerja bangunan dalam mengerjakan membangun rumah dan juga meminimalisir terjadinya kesalahan dalam penentuan ukuran bangunan.

Perhitungan Estimasi Biaya

Dengan adanya cara membuat denah rumah akan memudahkan pemilik rumah dan pekerja bangunan memperkirakan anggaran biaya yang dibutuhkan dalam pembangunan. Hal ini biasanya dilakukan dengan menghitung anggaran per meter ataupun menghitung unit pekerjaan bagian per bagian, untuk itu dalam menggambar denah harus sedetail mungkin.

Panduan Pekerjaan Instalasi

Dengan panduan dasar cara membuat denah rumah yang ada, para pekerja instalasi listrik maupun air akan lebih mudah memperkirakan posisi dan letak jalur instalasi tersebut. Pekerja bangunan juga dapat dengan mudah dalam membuat perencanaan biaya instalasi dan kebutuhan material yang akan digunakan.

Efisiensi Ukuran Ruangan

Fungsi denah rumah juga akan membantu pekerja bangunan dalam menentukan ruangan yang akan dibangun dengan menggunakan ukuran yang sesuai, agar tercipta keseimbangan yang fungsional dan efektif.

Gambar Panduan Awal

Cara membuat denah rumah yang tepat akan menjadi dasar gambar pedoman sebelum mengerjakan pembangunan dilakukan, hal ini dapat dilakukan dengan cara menuangkan ide dalam sebuah coretan kertas. Gambar denah juga harus memiliki ukuran, skala bangunan, jumlah ruangan, posisi jendela serta pintu, pembatas ruangan dan gambaran tata letak prabot.
 
Penembatan Jendela dan Pintu

Penempatan jendela dan pintu yang baik akan memberikan sirkulasi udara yang baik pula, hal ini juga berkaitan dengan akses keluar masuk rumah yang akan digunakan penghuni rumah. Dengan demikian peletakan jendela dan pintu pada posisi yang tepat akan dicantumkan pada rencana denah rumah.

Rencana Jalur Evakuasi

Baca Juga:  Biaya Pekerjaan Struktur Bangunan Dari Lantai Hingga Atap
Gambar denah dalam bangunan skala besar juga menjadi acuan manajemen bangunan seperti penentuan jalur evakuasi ketika terjadi bencana, penjelasan lokasi berdiri bangunan dan kegiatan pemeliharaan bangunan. Denah bangunan juga dapat  membantu mengambil keputusan yang sifatnya darurat dalam kondisi kritis.
Related Articles