wiremesh-roll
Cara Membedakan Wiremesh Berkualitas dan Tidak Berkualitas
Cara Membedakan Wiremesh Berkualitas dan Tidak Berkualitas
August 4, 2016

Wiremesh merupakan material bangunan salah satunya untuk lantai yang diproses dengan menggunakan mesin las. Wiremesh pada umumnya memiliki bentuk segi empat seperti halnya anyaman yang pada dasarnya memiliki daya tahan atau kekuatan relatif sama dengan beton. Penggunakan wiremesh juga telah menyebar ke penjuru dunia. Contohnya Jerman, salah satu negara yang tergolong maju di benua Eropa sudah menggunakan wiremesh sejak 50 tahun yang lalu, bahkan bangunan yang didirikan hingga saat ini masih sangat kokoh. Tak heran bila orang-orang kini juga banyak berminat mendirikan bangunan dengan menggunakan wiremesh.

Wiremesh yang berbentuk segi empat seperti halnya anyaman mempunyai banyak keunggulan sehingga menjadi alasan tepat untuk digunakan sebagai pengganti besi beton. Berbagai keuntungan yang dimaksud antara lain:

  1. Mampu mempercepat pembangunan karena pemasangannya relatif mudah
  2. Mampu membuat gedung-gedung bertahan hingga waktu yang lebih panjang karena daya tahan atau tekanannya optimal
  3. Bisa menghemat pengeluaran karena mengurangi resiko perenovasian
  4. Dapat dipesan sesuai dengan permintaan konsumen

Akan tetapi, dalam pembelian wiremesh dibutuhkan ketelitian yang penuh agar bisa membedakan antara wiremesh yang berkualitas dan tidak berkualitas. Wiremesh yang berkualitas tentunya akan mampu mewujudkan kriteria bangunan yang sesuai dengan harapan. Namun sebaliknya, wiremesh yang tidak berkualitas mempunyai resiko terhadap bangunan tak akan mampu bertahan dalam waktu panjang karena daya tahannya tidak kuat. Agar tidak salah pilih wiremesh, berikut cara yang bisa dilakukan untuk membedakan antara keduanya:

Harga

Bukan perihal asing lagi bahwa harga selalu menggambarkan akan kualitas barang. Semakin bagus mutu suatu barang maka akan samakin tinggi pula nilainya.

Jika harga wiremesh yang ditawarkan relatif jauh dan tidak sesuai dengan harga pasar pada umumnya, bukan tidak mungkin material tersebut memiliki kualitas yang masih rendah, bisa tidak tahan karat atau bahkan tidak tahan lama. Untuk itu, ketika membeli wiremesh sangat disarankan agar tidak tergiur dengan harga yang tergolong murah, terkecuali pada saat perusahaan memberikan promo.

Teknik pembuatan

Untuk membedakan antara wiremesh berkualitas dan tidak berkualitas juga dapat dilakukan dengan cara membedakan teknik pembuatan. Wiremesh berkualitas diproses dengan menggunakan teknologi berkualitas atau mesin swiss modern yang bisa dilakukan secara otomastis. Sementara wiremesh yang kualitasnya masih rendah umumnya menggunakan cara yang lebih sederhana sehingga hasil ukurannya bisa tidak seragam. Akibatnya bisa berpengaruh terhadap bangunan yang didirikan.  Dalam hal ini, ketika Anda memesan wiremesh dari pabrik, tidak ada salahnya bila datang langsung ke lokasi, dengan begitu sekaligus Anda juda dapat melakukan riset untuk memastikan proses pembuatan material.

Ukuran

Cara lain untuk mengetahui wiremesh yang berkualitas adalah dilihat dari segi ukuran, di mana wiremesh yang bermutu bagus memiliki ukuran sesuai dengan standart. Contoh, untuk ukuran atau lembaran 2,1 x 5,4 biasanya mempunyai dimensi 4mm-100mm. Sementara untuk wiremesh gulungan yang berukuran 21,x5,4 mmepunyai ukuran 4mm-7mm. Ukuran wiremeesh sangat berpengaruh terhadap pemasangan bangunan, jika ukurannya kurang atau lebih sedikit, dapat dipastikan hasil pemasangan tidak akan pas.

Mengetahui cara membedakan antara wiremesh berkualitas dan tidak berkualitas tentunya menjadi panduan penting untuk mendapatkan wiremesh yang tepat. Sekedar tips, jika Anda punya rencana untuk mendirikan sebuah bangunan misalnya rumah gedong, persiapkan budget dengan matang agar pembelian wiremesh tidak terhambat. Selain itu, sangat disarankan untuk memilih produsen yang profesional agar pembelian dapat berjalan dengan lancar.
Related Articles